Dua orang dari Nabire akan lanjutkan aspirasi ke Provinsi

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Navandunews.com – Usai diterima Wakil Ketua I, DPDR Nabire, di jalan Mandala. Massa melanjutkan longmarch ke Kantor Bupati di jalan Merdeka. Tuntutan yang sama disampaikan langsung kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Nabire, Selasa (20/08/2019)

Sekda, I Wayan Mintaya didampingi Asisten III, Kabag Humas dan beberapa pejabat seperti Kapolres Nabire dan Dandim 1705/PN, langsung memberikan jawaban terkait tuntutan masa aksi yang menginginkan aspirasinya segera disampaikan kepada Gubernur Papua.

I Wayan, mengucapkan terima kasih kepada para aksi yang melakukannya dengan tertib dan aman. Ini juga bilang, sesuai petunjuk Bupati Nabire maka akan ada dua orang yang melanjutkan aspirasi kepada Pemerintah Provinsi Papua.

“Karena Bupati di sedang dinas luar, namun sesuai arahan maka kami akan mengirim dua orang. Satu dari eksekutif dan satiu dari legislatif untuk melanjutkan aspirasi masyarakat Nabire ke tingkat Provinsi, “ungkapnya.

Pieter Worabay dalam aksinya selain meminta pemerintah memulangkan mahasiswa Papua di Jawa, ia juga menginginkan pemkab dapat memastikan bahwa semua mahasiswa dalam keadaan aman.

“Pulangkan mereka, tapi harus dipastikan mereka di sana aman,” ujarnya.

Worabay, juga mengapresiasi Pemkab Nabire yang dapat menerima aspirasi dan mengambil langkah tepat. Sebab dinamika politik masih terus memanas, akibat penghinaan yang terhadap RAS.

“Ini yang Soekarno sangat menjaga masalah ini. Sebab ketika suku dan ras bahkan agama diganggu maka tamatlah riwayat. Ini yang harus kita jaga,” ujarnya.

Pieter Worabay, juga berterima kasih kepada masyarakat Nabire yang saat aksi tidak terjadi hal yang diinginkan. Selain itu. Ia juga berterima kasih warga dan semua eleman yang telah melakukan aksi dengan damai.

“Termasuk TNI/Polri. Dan saya kita, semua elemen harus berperan untuk menjada situasi keamanan baik di Nabire maupun Papua pada umumnya,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Nabire, AKBP Sonny M. Nugroho, saat diminta tanggapannya, mengimbau masyarakat Nabire tetap menjaga keamanan dan ketertiban agar tetap aman dan kondusif. Juga meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi bahkan ikut menyebarkan berita bohong (Hoax).

“Stop sebar berita bohong, sharing sebelum share atau menyebarluaskan ke publik atau ke Media Sosial (Mensos). Mari kita sama-sama menjaga keamanan, hindari kekerasan dan jauhi hal-hal negatif,” imbuhnya.

Pantauan Jubi di Nabire, aparat TNI/Polri sedang terus bersiaga dan mengawal massa dalam keadaan aman dan tertib dan walaupun aman, situasi sedikit tegang terlihat sejak pagi hingga sore harinya.

Hal ini terbukti dengan tidak dibukanya sejumlah pertokoan dan aktivitas warga yang sedikit berkurang dari biasanya. Selain toko, terlihat beberapa aparat sedang berjaga jaga di beberapa bank dan di sejumlah tempat. Nabire aman hingga berita ini diturunkan.*(*)*

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code