25 calon anggota DPRD Nabire terpilih ditetapkan KPU

Caption : Komisioner KPU, Bupati dan Bawaslu Nabire dalam foto bersama pleno – Navandu.

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Navandunews.com  ­– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire, menetapkan 25 calon terpilih anggota DPRD daerah ini untuk periode 2019 – 2024, dalam rapat pleno terbuka pada Rabu, Rabu (14/08/2019).

Rapat berlangsung di Gedung Geust House, jalan Merdeka Nabire ini, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Nabire, Wilhelmus Degei. Hadir pula Bupati Nabire, Kapolres Nabire, Dandim 1705/PN. Para anggota dewan terpilih, komisioner KPU, Komisioner Bawaslu serta partai politik.

Wilhelmus Degei,  mengatakan, caleg yang ikut pada pemilu silam di Nabire diikuti oleh 396 orang dan terpilih 25 orang. Dan para anggota dewan terpilih adalah utusan dari masyarakat Nabire. Para anggota terpilih juga diharapka saling bahu membahu dan menopang dalam membangun Nabire lebih baik lagi.

“Ini adalah hasil pemilu dari masyarakat. KPU hanya sebagai penyelenggara,” katanya.

Degei juga meninta kepada anggota terpilih untuk segera memasukan Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negera (LHKPN) selambat – lambatnya tujuh hari sejak tanggal penetapan.

“Maka sejak hari ini sampai tujuh hari kedepan harus melaporkan Laporan harta kekayaan sebelum pelantikan,” tandasnya.

Kapolres Nabire, AKBP, Sonny M. Nugroho, SIK menambahkan, harapan dari pihak kepolisian telah terwujud berkat kerja sama dari seluruh elemen masyarakat, baik penyelenggara maupun yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan legislatis maupun pilres.

“Saya ucapkan terima kasih atas komunikasi dan kerja sama yang baik hingga suksesnya pemilu 2019, walaupun dalam perjalanan tentu ada riak – riak namun dapat disesesaikan bersama dengan baik,” tambahnya.

Bupati Nabire, Isaias Douw mengapresiasi, pelaksanaan pemilu 17 april yang telah dilaksanakan adalah pemilu rumit, tapi hebat. Hebat karena sukses dilaksanakan dalam keadaan tertib dan lancar.

“Dan suksesnya di Nabire karena tidak terlepas dari kerja keras dari semua pihak. Penyelenggara, TNI/Polri dan parsiripasi masyarakat,” ujarnya.

Bupati Isaias mengucapkan selamat kepada calon terpilih, dan berharap agar juika susah dilantik, nantinya mengutamakan koordinasi dan komunikasi guna memastikan pelayanan dasar bagi masyarakat.

“Dan bagi mereka yang belum terpilih denganbesar hati bisa menerima dan dapat berjuang di lain kesempatan,” ucapnya.

Keputusan calon anggota DPRD Nabire periode 2019 – 2024 berdasarkan SK KPU Nabire, Nomor : 20/PL.01.9-Kpt/9104/KPU/VIII/2019, tentang penetapan kursi partai politik peserta pemilihan umum anggota DPRD Nabire tahun 2019 dan SK Nomor : 21/PL.01.9-Kpt/9104/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota anggota DPRD Nabire tahun 2019.

Mereka antara lain, Suyono (PKB), Akulian Douw (PKB), Frans Hei (PKB), Yormina Money (PKB), H. Moh. Iskandar (PDIP), Simon Tiranda (PDIP), Yunus Tebai (PDIP), Andrias Heluka (Golkar), Evan Robert Ibo (Golkar), Yakobus Uwiya (Golkar), David Kadepa ,SE (PKPI), Alpius Donei (PKPI), Sambena Inggeruhi (PKPI), Rohedi M Cahya (Berkarya), Maselinus M. Mangopo (Berkarya), Salmon Pigai (PPP), Hj. Khaterin Maruanaya (PPP), Udin mardin (PD), Roy Wonda (PD), Karel Tabuni  ST (PAN), Merci Kegou (PAN), Amandus Pigai (Garuda), Drs. Musa Melisa (Perindo), Klemens Danomira (PSI),

Dengan demikian, perolehan suara terbanyak parpol didominasi partai PKB dengan empat kursi. Disusul Tiga partai lainnya dengan tiga kursi yakni, PDI Perjuangan, Golkar, dan PKPI. Ada lagi empat partai yang hanya mendapatkan jatah dua kursi. Seperti, Berkarya, PPP dan Partai Demokrat dan PAN. Sedangkan , Garuda, Perindo, PSI, PKS, masing – masing satu kursi.*(*)*

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code