Aneka acara peringatan HUT ke – 74 RI di Nabire

Bupati Nabire, Isaias Douw – NN/Dok Humas Setda Nabire.

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Navandunews.com  ­– Panitia Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Nabire menggelar sejumlah kegiatan dan lomba,  kegiatan sosial dan kegiatan pembinaan dan pendidikan sesuai arahan Bupati Nabire,  Isaias Douw.

Ragam kegiatan itu akan diikuti seluruh warga masyarakat Kabupaten Nabire, PNS/ASN, TNI/Polri, Pelajar,  Mahasiswa, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, dan masyarakat umum.

Kegiatan kerja bakti di jalan umum, kantor, dan menghias kantor, menaikan bendera di halaman rumah dan kantor telah dimulai oleh ASN, TNI/Polri, sekolah swasta dan negeri,  perguruan tinggi, badan usaha,  organisasi sosial dan masyarakat umum sejak tanggal 1 Agustus hingga tanggal 16. khusus untuk pengibaran bendera di kantor dam rumah warga akan berakhri pada tanggal 25 Agustus 2019.

Aneka kegiatan yang digelar,  misalnya lomba lari 10 KM untuk siswa SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Umum akan dilaksanakan Rabu,  7 Agustus 2019, Pukul 06.00 WIT dengan titik star dan finish di Taman Gizi.

Lomba tarik tambang dengan peserta seluruh OPD se-Kab. Nabire akan dilaksanakan pada Kamis,  8 Agustus 2019, Pukul 09:00 WIT bertempat di lapangan kantor Bupati. 

Lomba masak kuliner tradisional dengan peserta khusus bagi para Sekretaris OPD se-Kab.  Nabire khusus laki-laki akan dilaksanakan Jumat,  9 Agustus 2019, Pukul 09.00 WIT, di Pantai Nbaire.

Lomba Pidato dan membaca Puisi tingkat Pelajar dan mahasiswa akan digelar pada Jumat,  9 Agustus 2019 pukul 08.00 WIT di aula Dinas PUPR.

Lomba tarik tambang untuk ASN dilaksanakan pada Kamis,  8 Agustus 2019, Pukul 09.00 WIT sampai selesai di Kantor Bupati Nabire. 

Lomba memasak dengan peserta para Sekretaris dan Kabid OPD akan dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2019, Pukul 09.00 WIT di Pantai Nabire. 

Lomba Yospan jalan dengan peserta pelajar dan umum akan dilaksanakan pada Selasa,  13 Agustus 2019, Pukul 14.00 WIT dengan titik star di Kantor Bupati dan finish di Taman Gizi. 

Lomba gerak jalan indah tingkat pelajar SD dan SMP akan dilaksanakan pada Jumat,  9 Agustus 2019, Pukul 06.00 WIT dengan titik star dan finish Taman Gizi. 

Lomba gerak jalan tingkat SMA dan umum dilaksanakan pada Jumat,  12  Agustus 2019, Pukul 06.00 WIT dengan titik star dan finish do Taman Gizi. 

Karnaval Jalan untuk umum akan dilaksanakan pada Senin,  19 Agustus 2019, Pukul 13.00 WIT, star di Lapangan Sapta Marga dan finish di Taman Gizi.

Informasi lebih lanjut terkait kegiatan lomba ini dapat menghubungi Koordinator Seksi Lomba dan Hiburan, Kepala Dinas Kebudayaan,  Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kab. Nabire.

Selain lomba-lomba di atas Panitia HUT RI 2019 Kab. Nabire juga melaksanakan kegiatan pembinaan sadar hukum pada Senin, 5 Agustus 2019 dan Selasa, 6 Agustus 2019, Pukul 09.00-11.00 WIT oleh Polres Nabire dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Nabire.

Kegiatan sosial berupa Anjang Sana, menyaluran bantuan sosial di 10 Asrama Yayasan dilaksanakan oleh Dinas Sosial pada Rabu,  14 Agustus 2019, Pukul 09.00-11.00 WIT. 

Selain itu, seksi Paskibra dan Dramband sedang membina dan melatih para pelajar yang terseleksi untuk ditampilkan pada puncak perayaan HUT ke-74 RI tahun 2019.

Acara puncak peringatan HUT ke-74 RI tahun 2019, pengibaran  dan penurunan Bendera Merah Putih akan dilaksanakan di lapangan Sapa Marga, Kodim 1705 Paniai di Nabire.

Acara resepsi kenegaraan akan dilaksanakan di Quest House, Jalan Merdeka Nabire,  pada 17 Agustus 2019, Pukul 19.00 WIT. 

Sebagaimana himbauan Bupati Nabire,  selain kegiatan dan lomba di atas,  beberapa OPD melaksanakan kegiatan lomba dan hiburan.

Sekretariat daerah misalnya akan mengadakan pertandingan bola volly,  karoke, lomba masak,  dan sejumlah egiatan lainnya di lapangan kantor Bupati. 

Terkait kegiatan-kegiatan ini,  Bupati Isaias meminta agar semua pihat ikut partisipasi.

“Saya mau,  seperti tahun-tahun lalu,  kita ramaikan HUT RI tahun 2019 ini.  Semua pihak ikut terlibat,  pelajar,  mahasiswa, ASN,  dunia usaha,  organisasi sosial dan keagamaan ikut ambil bagian dengan perannya masing-masing. Ini kita hanya mengisi, para pendahulu kita telah mengorbankan harta, waktu,  tenaga dan nyawa untuk merebut kemerdekaan kita.  Saat ini kita hanya mengisi.  Oleh karena itu semua pihak terlibat, ” ajak Bupati Isaias, seperti rilis yang di terima NN di Nabire. Rabu, (07/08/2019).

Bupati Isaias juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan, keamanan serta kenyamanan agar semua kegiatan ini berjalan lancar sesuai rencana dan sebagaimana mestinya.

“Ini adalah HUT RI. Kita tetap jaga situasi dan keamanan, kebersihan. Bukan saja menjelang 17 agustus, tapi sampai kapanpun,” pintahnya.

Terpisah, sekretaris Panitia HUT RI 2019 Distrik Wanggar, Eko mengatakan bahwa pihaknya telah menghimbau kepada seluruh kampung di disgtrik tersebut untuk memasang umbul – umbul, serta memperhatikan kebersihan lingkungannya.

“Kami sudha ingatkan masyarakat melalui aparat kampung. Dan mereka sudah pasang umbul – umbul. Lingkungan sudah bersih, terima kasih masyarakat,” tandasnya.*(*)*

46 total views, 2 views today

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code