Uskup Timika Mgr John Philip Saklil Pr berpulang

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Navandunews.com – Uskup Timika Mgr John Philip Saklil Pr berpulang pada Sabtu sore (3/8/2019) di Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Laman internet Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia, www.dokpenkwi.org/ menyatakan wafatnya Mgr John Philip Saklil Pr telah diumumkan Sekretaris Komisi Karya Misioner Pastor Markus Nur Widipranoto dalam Kongres Misi 2019 yang berlangsung di Jakarta, Sabtu.

Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Timika, Pastor Domi Hodo saat dihubungi Jubi membenarkan informasi tersebut. “Bapa Uskup sudah meninggal pukul 14.16 WP. Tadi jatuh, setelah itu kami bawa ke ICU [Rumah Sakit Mitra Masyarakat],” kata Pater Domi Hodo, Sabtu sore.

Kantor Berita Antara menyebutkan Mgr John Philip Saklil Pr dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika sekitar pukul 12.30 WP dalam kondisi sudah tidak sadarkan diri. Begitu tiba di RSMM Timika, Uskup Saklil menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit/ICU. Akan tetapi, upaya pertolongan yang diberikan oleh tim medis RSMM untuk menyelamatkan Uskup Saklil tidak membuahkan hasil.

Pater Domi menjelaskan dirinya masih berada di Rumah Sakit Mitra Masyarakat di Timika, dan menunggu pihak rumah sakit mengeluarkan pernyataan resmi sesuai visum et repertum. “Nanti baru kami keluarkan berita resmi, terima kasih,” katanya.

Laman internet Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia, www.dokpenkwi.org/ mencatat Mgr John Philip Saklil Pr lahir di Kokonau, Kabupaten Mimika, Papua, pada 20 Maret 1960. Beliau ditahbiskan menjadi Imam pada 23 Oktober 1988.

Pada 10 Januari 2004, beliau terpilih menjadi uskup pertama Keuskupan Timika, keuskupan baru yang merupakan pengembangan dari Keuskupan Jayapura. Beliau ditahbiskan menjadi Uskup Timika pada 18 April 2004, dan memilih motto penggembalaan “Parate viam Domini” yang berarti “Siapkanlah jalan Tuhan” (Mt 3:3).

Laman internet www.dokpenkwi.org/ menyebutkan sejak 27 Juli 2019 Mgr John Philip Saklil Pr juga mendapat tugas dari Paus Fransiskus untuk menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke. Penunjukan itu menyusul keputusan Paus Fransiskus membebas-tugaskan Mgr Nicolaus Adiseputra MSC dari jabatannya sebagai Uskup Keuskupan Agung Merauke.()*

(Sumber, Jubi.co.id)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code