Akan ada pertemuan masyarakat adat dan pengelola TNTC

Gunawan Inggeruhi saat ditemui Jubi di Nabire – NN.

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Navandunews, ­– Suku Besar Yerisiam Gua yang merupakan pemilik hak ulayat di Pantai Sowa (wisata Hiu Paus), Distrik Yaur, Kabupaten Nabire, berencana dalam waktu dekat akan mengundang berbagai pihak yang berkepentingan di wisata hiu paus tersebut.

Juru bicara Suku Besar Yerisiam Gua, Gunawan Inggeruhi mengatakan niatnya untuk mengundang berbagai pihak guna menjelaskan kepada masyarakat adat dampak dan maaftaat yang akan diperoleh dari wisata hiu paus dan proyek pembanguan yang dilakukan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

“Rencana kami mau undang pihak TNTC, pemerintah daerah, pengelola serta DPR Papua,” ujar Inggeruhi di Nabire. Sabtu (20/07/2019).

Sebab jika tidak ada penjelasan, kata Inggeruhi, kondisi yang terjadi adalah misskomunikasi di lapangan. Pihaknya tidak ingin terulang hal serupa terulang seperti pasca sawit di Yaro, yang terjadi antara perusahaan dengan masyarakat pro dan kontra.

Mengingat, kepemilikan tempat wisata hiu paus adalah kolektif milik sukunya. Dan dibawah suku ada marga. Tapi keputusan mengangkut kepentingan hajat hidup orang banyak perlu dibahas melalui lembaga adat, karena yang empunya manusia disana adalah suku.

“Ini keopentingan orang banyak, ke depan seperti apa. Jangan terulang lagi seperti kasus sawit,” imbuhnya.

Sehingga sangat  diharapkan semua harus hadir, terutama TNTC dan pengelola untuk menjelaskan kepada masyarakat. Dampak yang diperoleh adalah keterlobatan dan dampak yang akan dirasakan masyarakat seperti apa. Seperti bangunan perkiosa, homestay dan lainnya. Apakah masyarakat pribumi hanya menjadi penonton.

“Karena kalau bisa masyarakat juga dapat ikut mengelola secara kolektif maupun kelompok guna kesejahteraan mereka. Jangan mereka jadi penonton lalu terjadi kecemburuan yang nantinya akan terjadi konflik. Ini yang kita hindari,” terangnya. Terpisah, legislator Papua, Jhon NR Gobai mengiyakan dan bersedia untuk hadir dalam pertemuan dimaksud. “Saya akan hadir dalam pertemuan. Ini masalah masyarakat yang hahur dibahas untuk mendapatkan jalan keluar,” tandasnya.*(*)*

87 total views, 2 views today

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code