Kapolres Nabire pimpin peringatan HUT Polri ke – 73

Kapolores Nabire saat menyuap salah satu perwira pada peringatan HUT Bhayangkata ke-73 di Nabire – NN.

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Navandunews, ­– Kapolres Nabire, AKBP Sonny T. Nugroho pada Rabu, (10/07/2019) memimpin ucacara peringatan HUT Bhayangkara ke – 73 tahun 2019 di halaman kantor Polres Nabire. Dengan tema ‘Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara’.

Hadir dalam upacara, Bupati dan Wakil Bupati Nabire, Forkopimda Kabupaten Nabire, Pejabat teras Polres Nabire, Perwira TNI/Polri, Bintara dan Tamtama TNI/Polri pensiunan Polri serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Nabire AKBP Sonny membacakan sambutan Kapolri pada pada peringatan Hari Bhayangkara. Bahwa terkait dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946, melalui Penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan,” kata Kapolres Nabire.

Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 silam, juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi Kepolisian yang bersifat nasional.

“Kami bersyukur, bahwa hingga saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur undang-undang. Polri yang saat ini memiliki anggota 446.873 personel, tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan, bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Kapolres Nabire.

Menurutnya, berbagai capaian yang diraih oleh Polri, akan mendorong institusi ini untuk terus melaksanakan perbaikan guna mendapat kepercayaan publik yang amat penting di era demokrasi ini.

Selanjutnya kami juga siap menindak lanjuti 5 instruksi Bapak Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanaan tugas, yaitu: pertama ; Meningkatkan kualitas SDM Polri, dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Kedua ; Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Ketiga ; Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Keempat ; Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Serta kelima ; Memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

“Ini merupakan lima pedoman yang harus dilaksanakan dalam tugas polri,” bebernya.

Lanjut AKBP Sonny, kami mohon doa dan dukungan dari Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, pimpinan Lembaga Tinggi Negara, pimpinan Kementerian/Lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja, senior dan sesepuh Polri dan TNI, serta seluruh masyarakat Indonesia, agar Polri semakin profesional, modern, dan terpercaya, dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri.

“Sebeb tanpa kerja sama dan dukunga dari semua elemen banga, polri tidak bisa apa – apa,” tuturnya.

Menetara itu, Bupati Nabire Isaias Douw mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke – 73 kepada kepolisian Indonesia. Dan dia berharap agar dengan 73 Tahun, polri semakin sukses dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya terhadap negara dan bangsa.

“Selamat HUT Polri, tetap semangat dalam menjaga kamtibmas,” ucapnya.*(*)*

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code