Wakil Ketua PA Nabire dilantik

Dari kiri, Ketua PA Nabire dan Wakil Ketua PA Nabire – NN.

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Nabire, NN – Wakil Ketua (Waket) Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Nabire dilantik. Pelantikan tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan waket selama beberapa tahun.

Ketua PA Nabire, Irwan Jamaludin mengatakan bahwa dengan dilantiknya waket PA yang baru, bisa dapat bambantunya dalam pelaksanaan tugas sebagaimana melaksanakan tugas sebagaimana mestinya dan membantunya sebagaimana yang diamanatkan.

“Saya ucapkan selamat bertugas bagi waket yang baru di lantik,” ujar Irwan di Nabire, Senin (17/06/2019).

Dikatakan Irwan, pelayanan peradilan khususnya Pan saat ini dituntut untuk lebih modern dan terdepan. Hal ini terus dijawab oleh PA melalui pelayanan e-Court (peradilan elektronik). Artinya bahwa, perkara warga harus didaftarkan secara online. Selain itu juga harus dalam layanan e-Court dapat menyediakan salinan putusan yang bisa diakses dan dilihat oleh masyarakat.

“Maka sangat diharapkan adanya efisiensi dan efektivitas dalam

pelayanan kepada masyarakat sesuai prinsip hukum acara peradilan,” terangnya.

Irwan bilang, selama hampir lebih dua tahun, jabatan wakte PA Nabire kosong. Dan pengangkatan ini berdasarkan SK dari Ketua Mahkamah Agung RI, setalah sebelumnya masuk dalam daftar promosi jabatan.

“Jadi dua tahun lebih kosong, beliau masuk promosi jabatan dan sekarang dilantik sesuai dengan SK,” tuturnya.

Waket PA yang baru dilantik, Basirun menambahkan bahwa pelantikan jabatan tersebut merupakan amanah yang harus diemban. Seorang pejabat bukan berarti harus bersenang – senang akan jabatan. Akan tetapi tugas tang tanggung jawab kepada masyarakat harus di utamakan.

“Jadi sekalilagi amanah ini akan saya junjung tinggi demi pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini, Ketua Pengadilan Negeri Nabire, Kajari Nabire, Bupati Nabire diwakili Asisten I Setda Nabire, perwakilan Kodim 1705/Paniai, serta organisasi Darmayukti Karini.

Sebelum dilantik sebagai Waket PA Nabire, Basirun adalah hakim selama tiga tahun.

Basirun, dulunya sebelumnya bertugas di Paniai. Dia mengawali karirnya sebagai calon hakim di Pengadilan Agama Ende, Nusa Tenggara Timur, pada tahun 2007.*(*)*

www.navandunews.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code