Ketua KPU Nabire lantik anggota KPPS dan bimtek tungsura

Anggota KPPS Nabire – NN.

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Nabire, NN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sekaligus melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pemungutan dan perhitungan suara (Tungsura) pemilihan umum tahun  2019 untuk 780 TPS yang tersebar di Daerah ini.

Pelantikan yang berlangsung di aula kasih, gereja Tabernakel Nabire ini dibagi dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, diikuti oleh seluruh anggota KPPS daerah pemilihan (Dapil) 1 dan 2 pada jumat, (12/04/2019), sementara untuk tahap kedua pada hasri sabtu, (13,04/2019) ditempat yang sama diikuti KPPS dapil 3 dan 4.

Ketua KPU Nabire, Wihelmus Degei, mengatakan anggota KPPS memiliki peran penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum tahun 2019. Namun, dalam menjalankan tugas yang diemban, tentu saja akan menghadapi cobaan.

Tetapi, sebagai penyelenggara, harus bekerja dengan sungguh – sungguh, bertanggung jawab, jujur dan adil, demi suksesnya pemilu nanti.

“Cobaan pasti ada, namun saya percaya KPPS pasti melaluinya dengan penuh tanggungjawab,” katanya.

[Suku Yerisiam Gua Ancam Boikot Pemilu]

Menurutnya, hak – hak suara masyarakat melalui pemilu harus tersalurkan dengan baik. Sehingga dapat menghasilkan pemimpin bangsa dan daerah lima tahun ke depan yang baik.

“ujung tombak pemili ada di KPPS, sebab kalianlah yang menhasilkan pemimpin bangsa ini,” tuturnya.

Diharapkan kepada anggota KPPS agar dapat melaksanakan tugsa sesuai dengan prosedur yang berlaku. Baik di saat persiapan TPS, pemungutan suara hingga perhitungan dan rekapitulasi.

Jangan sampai keluar dari aturan. Kemudian, setiap TPS, akan ada panwas – panwas TPS yang akan bertugas secara mobail pada hari H, dan siap melaporkan pelanggaran yang mungkin saja akan terjadi saat itu kepada panwas kabupaten. *(*)*

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code