Saatnya Perempuan Pilih Perempuan

Dolfina Dimara, SE – NN/TR.

Portal Berita Papua | NavanduNews,

Nabire, NN – Memilih dan dipilih dalam sebuah proses pesta demokrasi adalah hak dasar politik seluruh warga Negara khususnya warga masyarakat wilayah adat Meepago saat ini, dan juga merupakan sebuah momen yang tepat untuk memberikan sentuhan-sentuhan baru yang lebih lagi dalam segala aspek pembangunan  di wilayah adat Meepago, khususnya Daerah Pemilihan 3 Papua.

Perempuan muda yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPR Papua ini berkomitmen, bahwa dalam periode mendatang jika terpilih, maka dia ingin fokus pada beberapa program utamanya, dengan motto “gerakan perempuan pilih perempuan untuk pembangunan yang lebih baik”.

Dolly yang baru dilantik bulan kemarin sebagai anggota DPRP Pengganti Antar Waktu (PAW) ini, ingin memajukan perempuan utamanya kaum ibu dalam mensejahterakan keluarga serta perempuan lainnya di lingkungannya terutama Perempuan Papua.

”Saya tidak sekadar maju. Saya mau memperjuangkan hak perempuan,” kata Dolly  beberapa waktu lalu.

Dia mau, memperjuangkan kesetaraan gender sebab menurutnya, laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan serta hak yang sama sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan lainnya.

Keinginan Dolly, maju ke kursi DPR Papua mendapat dukungan dari keluarga besarnya, juga kerabat dan sanak famili serta komunitas angkatan ’96, khususnya SMA Adhi Lihur Nabire.

Perempuan murah senyum ini juga ingin mendukung program unggulan “three ends”, dari kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlingdungan Anak (Kemen PPPA) RI yaitu ;

  1. Akhiri Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. 1). Informasi hak perempuan dan anak menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. 2). Berfungsinya kelembagaan di tingkat desa untuk memastikan pemenuhan hak perempuan dan anak. 3). Berfungsinya Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak di daerah. 4). Dukungan yang masif dari pemangku kepentingan, Pemda, Lembaga Masyarakat.
  2. Akhiri Perdagangan Manusia. 1). Terbangunnya sistem deteksi anti perdagangan manusia (perempuan dan anak). 2). Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam sistem deteksi anti perdagangan manusia. 3). Terbangunnya sinergi antar pemangku kepentingan dalam penanganan kasus    perdagangan manusia melalui Gugus Tugas TPPO. 4). memastikan setiap calon TKW mendapatkan pelatihan yang memadai.
  3. Akhiri Kesenjangan Ekonomi. 1). Memastikan K/L terkait menjalankan program pelatihan bagi perempuan pelaku usaha. 2). Memastikan setiap perempuan berhak mendapatkan akses permodalan melalui lembaga keuangan. 3). Menyiapkan sistem permodalan alternatif bagi perempuan pelaku usaha mikro. 4). Mengembangkan dukungan dana/sarana alternatif bagi perempuan inovator.

Dolly bilang, Perempuan, secara khusus Perempuan Papua saat ini masih diberlakukan tidak adil. Baik oleg suami maupun keluarga. Hal ini yang seharusnya tidak boleh terjadi. juga Mama – Mama pedagang Pasar, khususnya di daerah Meepago harus setara dengan penjual lainnya, memiliki manajemen dan tidak hanya sekedar berjualan.

“Perempuan Papua masih diberlalukan tidak adil. Kita harus akhiri. Juga mama – mama yang masih duduk jualan di atas tanah, mereka berhak untuk jualan di tempat yang layak,” tegasnya.

Profil

Nama Lengkap   : Dolfina Dimara, SE

TTL                    : Nabire 04 Januari 1978

Agama                : Kristen Protestan

Aanak ke            : 3 dari 8 bersaudara

Nama Ayah         : Daan Dimara

Nama Ibu            : Aksamina Waum

Riwayat Pendidikan

SD                      : Tamat 1990

SMP                    : Tamat 1993

SMU                   : Tamat 1996

Perguruan Tinggi : Stie Ottow & Geissler Jayapura, Tamat Tahun 2000

Organisasi

* Pramuka

* HIPMI Kota Jayapura

* pengurus partai Hanura sejak Tahun 2012 hingga sekarang

* Pengurus DPD KNPI Provinsi Papua 2018_2022

* Pengurus Gapensi Papua

* Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI PAPUA)

* KAUKUS Perempuan Papua. *(*)*

Profil Caleg

[Navandunews.com]

You may also like...

2 Responses

  1. Gerki Dimara says:

    Selamat Berkarya sadari ku…berbuatlah yg terbaik buat negeri mu…jadilah saluran berkat bagi sesama dan teristimewa kpd Tuhan Semesta Alam…
    Doa kami menyertai mu adik ku…
    God be with you…
    Manseren ras ifnouk kokaim…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code